Rabu, 13 April 2011

Bisnis Sepatu Futsal, Ringan Tapi Menguntungkan



Dengan kreativitas, sesuatu yang rumit bisa terlihat mudah. Demikian pula halnya dalam usaha. Kreativitas bisa membuat seseorang mampu melihat peluang bisnis yang tak terpikirkan oleh orang lain.

Status sebagai bujangan tak lantas membuat Firdaus S AN berleha-leha. Masa muda justru dimaknainya sebagai masa di mana ia harus merancang masa depannya.
Berbagai kegiatan positif pun dilakukannya. Salah satunya, belajar membuka usaha. Bisnis sepatu futsal pun dipilihnya sebagai pengisi waktu luang, seusai menjalankan tugas utama selaku staf honorer Tata Usaha (TU) salah satu sekolah di Palangka Raya.
Ditemui Tabengan Rabu (14/4), Firdaus mengatakan, usaha yang dilakoninya itu sebenarnya tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Daus, demikian pemuda kelahiran Palangka Raya, 10 April 1984 itu biasa disapa, memang merupakan penggemar olahraga futsal dan sepakbola. Dari olahraga ini pula, ia pernah meraih sejumlah prestasi di beberapa ajang turnamen maupun kompetisi resmi.
Sebagai penggemar olahraga futsal dan sepakbola, ia pun akrab dengan kelengkapan olahraga tersebut. Terutama, sepatu. Seringkali Daus membeli sepatu untuk keperluan bermain. Selain membeli di toko-toko yang ada di seputaran Kota Palangka Raya, tak jarang ia juga memesan dari forum jual beli di website internet.
“Dulunya cuma pelanggan salah satu forum jual beli (di internet). Di forum itu, saya juga sering membelikan teman-teman yang perlu sepatu futsal,” ungkapnya.
Kebiasaan itu secara tidak langsung menciptakan link usaha yang menghubungkan Daus dengan distributor sepatu. Seiring makin memasyarakatnya olahraga futsal di Palangka Raya dengan ditandai banyaknya gelaran turnamen, Daus pun tertarik untuk menekuni usaha penjualan sepatu futsal.
“Futsal mulai booming, dan turnamen-turnamen makin sering digelar. Dari situ saya berbikir kenapa nggak jualan sepatu saja sekalian,” ujar Daus.
Februari 2010 lalu, usaha itu mulai dirintisnya. Niat awalnya memang hanya coba-coba. Sebab, ia tak mungkin meninggalkan tanggungjawab utamanya sebagai staf TU di sekolah, tempat ia mengabdikan diri.
Usaha sampingan itu dirintisnya dengan modal awal relatif kecil, yakni Rp400ribu. Dengan dana itu, ia memesan tiga pasang sepatu. Kemudian, ia tawarkan ke teman-teman penggemar futsal yang dikenalnya dari mulut ke mulut.
Uang hasil penjualan itu kemudian diputarnya kembali sebagai modal bergulir. Bisnis yang dijalankan di kediamannya, Jalan Karet (Komplek Babussalam) No86 Panarung, Palangka Raya itupun kemudian berkembang.
Setahun berjalan, modal usahanya kini meningkat menjadi lebih dari Rp5 juta. “Keuntungan perbulan memang tidak menentu, antara Rp300ribu - Rp600 ribu. Pesanan paling banyak saat ada turnamen atau kompetisi,” katanya.
Daus meyakinkan, kualitas sepatu futsal yang ia tawarkan bisa diandalkan. Ia menggaransi, bila sekali pake jebol atau terbuka solnya, maka ia akan menanggung biaya perbaikan. Bila produk itu rusak berat dalam sekali pemakaian (dalam batas kewajaran), ia siap mengganti dengan barang baru.
Kualitas sepatu futsal yang ia tawarkan terbagi dalam tiga tingkatan. Di antaranya, handmade, KW, dan original. Harga per item bervariasi antara Rp90 ribu-Rp175 ribu.
Sepatu-sepatu itu disuplainya dari Jakarta, Jogyakarta, dan Surabaya. Sebagian barang merupakan handmade atau produk home industri di Jawa. Untuk jenis sepatu futsal ini, Daus bisa menjualnya dengan kisaran harga yang lebih ‘miring’ dibanding produk sama yang dijual di toko-toko. Karena itulah, dalam usahanya Daus mengusung motto ‘Murah tapi tidak murahan. Harga kampong, kualitas gedung’.
Selain memasarkan dari mulut ke mulut, Daus juga mempromosikan dagangannya melalui jejaring sosial Facebook dengan ID ‘Daus Sport Palangka Raya’, telepon/SMS: 085752382999. Ke depan, Daus juga merencanakan membuka otlet tetap. Saat ini ia mengaku sedang mengumpulkan dana untuk menyewa tempat. saripudin

BIODATA
Nama : Firdaus
TTL : Palangka Raya, 10 April 1984
Alamat : Jalan Karet (Komplek Babussalam) No86 Panarung, Palangka Raya.
Pendidikan : Sarjana S1 Administrasi Negara, Unlam
Orangtua :
- H Fahrurrazi (Ayah)
- Nurpaduaty (Ibu)
Pekerjaan :
- Honorer TU MTsN 2 Palangka Raya
- Usaha penjualan sepatu olahraga futsal

1 komentar:

  1. assalamualaikum, untuk sepatu sport RUNNING, JOGGING,FUTSAL, BOLA SEPATU SEKULAH SAYA BSA SUPLAY PAK WASSALAM

    BalasHapus